Burung Terkecil di Dunia Cuma Seukuran Pensil

Bee Hummingbird (Mellisuga helenae) adalah burung terkecil di dunia yang hanya sebesar pensil. Burung imi ditemukan di kepulauan Kuba dan merupakan burung endemik negara itu.

Bee hummingbird seperti jenis burung kolibri lain, memiliki paruh panjang serta sayap kecil yang dapat mengepak sangat cepat. Bee hummingbird jantan berukuran lebih kecil dibandingkan betina.

bee hummingbird jantan
Bee hummingbird jantan berukuran sangat kecil

Jantan memiliki warna punggung biru dan perut putih kelabu, sedangkan betina memiliki warna punggung hijau dan perut putih kelabu. Saat musim kawin kepala dan leher jantan akan berubah warna menjadi ungu untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Jantan hanya berukuran 5,5 cm dengan berat 1,9 gram, sedangkan betina sedikit lebih besar dengan ukuran panjang 6,1 cm dan berat 2,6 gram. Ukuran tubuhnya hanya sedikit lebih besar dari lebah, hingga orang-orang kuba menyebutnya bee hummingbird atau kolibri lebah.

jantan dan betina bee hummingbird
Bee hummingbird betina lebih besar dari jantan

Ketika musim berbiak tiba, betina akan membuat sarang sendiri dengan menggunakan kulit kayu, lumut, dan sarang laba-laba. Betina akan bertelur maksimal dua butir, dengan ukuran sangat mini sebesar biji buncis. Betina akan merawat sendiri anak-anaknya hingga besar dan siap hidup mandiri.

Bee hummingbird menggunakan paruhnya yang panjang untuk mencari nektar pada bunga. Makanan utamanya adalah nektar, namun kadang akan memakan serangga kecil seperti laba-laba. Dalam sehari burung ini dapat menghisap nektar dari 1500 bunga.

Saat menghisap nekar, serbuk sari dari bunga akan menempel pada paruh dan bulu burung ini. Ketika menghisap nektar di bunga lain, serbuk sari yang terbawa akan terjatuh dan membuahi bunga itu. Burung ini sangat bermanfaat dalam membantu penyerbukan tanaman.

Komentar